Sikap Kaum Kafir Quraisyy Makkah Terhadap Nabi Muhammad SAW
Foto By:insanurussalam
Kaum
muslimin diluar para budak dipukuli dan dihina dengan berbagai cara.
Tak terkecuali Rasulullah juga mendapatkan gangguan2 meskipun beliau
dilindungi oleh Bani Hasyim dan Bani Muththalib. Ummu Jamil istri dari
Abu Jahal melemparkan najis kedepan rumahnya, tetapi cukup Rasulullah
hanya membuangnya saja. Pada waktu Rasulullah sembahyang Abu Jahal
melemparinya dengan isi perut kambing yang sudah disembelih untuk
sesajen berhala-berhala. Rasulullah menerima perlakuan itu kemudian
beliau pergi kepada Fatimah putrinya supaya membersihkan dan
mensucikanya kembali.
Cukup
lama hal seperti ini berjalan, tetapi kaum Muslimin makin bertambah
teguh terhadap agama mereka. Dengan dada terbuka mereka menerima siksaan
dan kekerasan itu demi aqidah dan iman mereka.
Periode
yang dilalui Rasulullah ini adakah periode yang paling dahsyat. Baik
Rasulullah atau mereka yang menjadi pengikutnya bukanlah orang2 yang
menuntut harta kekayaan, kedudukan ataupun kekuasaan melainkan orang2
yang menuntut kebenaran serta keyakinan akan kebenaran itu. Demi tujuan
yang luhur itulah mereka mengalami penyiksaan2 itu. Penyair2 memakinya,
orang Quraisy berkomplot hendak membunuhnya di Ka'bah, rumahnya
dilempari batu dan pengikut2nya diancam akan tetapi hak ini makin
membuatnya tabah dan gigih untuk meneruskan dakwahnya. Jiwa kaum
muslimin yang mengikutinya sudah yakin oleh ucapannya:
"Demi
Allah kalaupun mereka meletakkan matahari ditangan kananku dan bulan
ditangan kiriku dengan maksud supaya aku meninggalkan dakwah ini sungguh
tidak akan kutinggalkan. Biar Allah nanti yang akan membuktikan
kemenangan itu ditanganku atau aku binasa karenanya."
Rasulullah
tinggal dalam suatu daerah yang merdeka, dari segi keturunan ia
menempati puncak yang tinggi dan hartapun sudah mencukupi. Beliau dari
keluarga Bani Hasyim juru kunci Ka'bah dan penguasa urusan air. Gelar2
keagamaan yang tinggi ada pada mereka, jadi dalam keadaan seperti itu
Rasulullah tidak lagi membutuhkan harta kekayaan, pangkat ataupun suatu
kedudukan.Dalam hal ini berbeda pula dengan para Rasul dan Nabi sebelumnya. Musa yang dilahirkan di zmesir bertemu dengan Firaun yang oleh penduduk sudah di tuhan kan dan Firaun yang berkata:
"Aku adalah Tuhanmu yang tertinggi." yang dibantu pula oleh para pemuka agama melakukan tekanan kepada orang dengan berbagai macam kekejaman, pemerasan dan pemaksaan. Revolusi yang dilakukan Musa atas perintah Allah adalah revolusi dalan struktur politik dan agama sekaligus. Bukankah keinginannya supaya Firaun dan orang yang menimba air dengan syaduf dari sungai Nil itu dihadapan Tuhan sama derajatnya? Jadi dimana keTuhanan Firaun itu. Oleh karena itu dari semula ajaran Musa itu sudah mendapat perlawanan hebat dari Firaun. Dengan demikian supaya orang beriman dan menerima seruannya itu ia diperkuat oleh mukjizat2. Musa melempar tongkat dan tongkat itu menjadi seekor ular yang bergerak-gerak menelan semua hasil pekerjaan dari tukang sihir Firaun. Itupun tidak memberi hasil apa2 buat Musa terpaksa ia meninggalkan Mesir tanah kelahirannya dan dalam hijrahnya itu diperkuat dengan sebuah mukjizat terbelahnya jalan ditengah2 air laut.
Begitu juga dengan Isa yang dilahirkan di Nazareth di bilangan Palestina yang pada waktu itu merupakan wilayah Romawi yang berada dibawah kekuasaan kaisar2 dengan segala kekejamannya sebagai pihak penjajah dan kekuasaan dewa2 Romawi. Mengajak orang supaya bersabar menghadapi kekejaman itu dan bertaubat bagi yang menyesal dan macam2 perasaan bekas kasih yang dimana pada waktu itu dianggap oleh pihak penguasa sebagai pemberontakan terhadap kekuasaan mereka.Maka Isa juga diperkuat oleh mukjizat2 seperti menghidupkan orang mati dan menyembuhkan orang sakit. Memang benar bahwa inti ajaran2 mereka pada dasarnya bertemu dengan inti ajaran2 Rasulullah juga namun seiring berjalannya waktu ajaran2 mereka (Isa dan Musa) mengalami penyesatan dan pembelokan aqidah.
Rasulullah menuntun masyarakat kepada kebaikan.
۞ فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ ۞ وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ (99:7)
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
(99:8) Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.
[QS. 99 Az Zalzalah:7-8]
Bani Hasyim dan Bani Muththalib makin ketat menjaga Rasulullah dan pengikut2nya. Pada suatu hari Abu Jahal bertemu dengan Rasulullah kemudian ia menggangu, mencaci maki dan mengeluarkan kata2 yang tidak pantas dialamatkan kepada agama ini. Tetapi Rasulullah tidak melayaninya. Ditinggalkannya Abu Jahal tanpa berbicara apapun. Hamzah paman Rasulullah dan saudara sesusuan yang masih berpegang pada kepercayaan Quraisy adalah seorang laki2 yang kuat dan ditakuti. Ia mempunyai kegemaran berburu, bila kembali dari berburu ia terlebih dahulu mengelilingi Ka'bah sebelum langsung pulang kerumahnya.
Hari itulah bilamana ia datang dan mengetahui bahwa keponakannya mendapat gangguan dari Abu Jahal meluaplah amarahnya. Hamzah kemudian pergi ke Ka'bah tidak lagi memberi salam kepada yang hadir ditempat itu seperti biasanya terus masuk kedalam menemui Abu Jahal. Setelah dijumpainya Abu Jahal diangkat busurnya lalu dipukulkannya keras2 dikepalanya. Beberapa orang dari Bani Makhzum mencoba mau membela Abu Jahal tapi tidak jadi karena kuatir akan timbul bencana dan membahayakan sekali dengan mengakui bahwa ia memang mencaci maki Muhammad.
Sesudah itu kemudian Hamzah menyatakan diri masuk Islam. Dia berjanji kepada Muhammad akan membela dan akan berkorban dijalan Allah sampai akhir hayatnya.Pihak Quraisy merasa makin sesak dada melihat Rasulullah dan pengikut2nya makin bertambah. Disamping itu gangguan dan siksaan yang mereka lakukan tidak dapat mengurangi iman kamu muslimin. Utba bin Rabi'a seorang bangsawan Arab terkemuka mencoba membujuk Quraisy ketika mereka dalam suatu acara pertemuan dengan mengatakan ia akan berbicara dengan Muhammad dan akan menawarkan kepadanya hal2 yang barangkali mau menerimanya.
Kemudian Utba menemui dan berbicara dengan Rasulullah:
"Anakku", kata Utba "seperti kau ketahui dari segi keturunan engkau mempunyai tempat dikalangan kamu. Engkau telah membawa persoalan besar ketengah2 masyarakat mu sehingga mereka bercerai-berai karenanya. Sekarang dengarkanlah kami akan menawarkan beberapa masalah kalau2 sebagian dapat kauterima. Kalau dalam hal ini yang kauinginkan adalah harta kamipun siap mengumpulkan harta kami sehingga hartamu akan menjadi yang terbanyak diantara kami. Kalau kau menginginkan pangkat, kami angkat engkau diatas kami semua dan kami tak akan memutuskan suatu perkara tanpa ada persetujuanmu. Kalau kedudukan raja yang kau inginkan kami nobatkan kau sebagai raja kami. Jika engkau dihinggapi penyakit saraf yang tidak dapat kau tolak sendiri akan kami usahakan pengobatannya dengan harta benda kami sampai kau sembuh." Selesai Utba berbicara Rasulullah membacakan surah As-Sajda (32). Utba diam mendengarkan kata2 yang begitu indahitu. Dilihatnya sekarang yang berdiri di hadapannya itu bukanlah seorang laki2 yang didorong oleh ambisi harta, ingin kedudukan ataupun kerajaan ataupun juga bukan orang yang sakit melainkan orang yang mau menunjukkan kebenaran mengajak orang kepada kebaikan.
Selesai Rasulullah membacakan surah itu Utba pergi kembali kepada Quraisy. Apa yang dilihat dan di dengar nya itu sangat mempesona dirinya. Is terpesona karena kebesaran Rasulullah dan penjelasannya yang sangat menarik. Utba memberikan pendapat kepada Quraisy agar Rasulullah dibiarkan saja namun pendapatnya itu tidak menyenangkan mereka.
0 komentar:
Posting Komentar