Orang-orang Yang Pertama Masuk Islam "As-sabiquuna Al-awwalun"
Sudah
merupakan sesuatu yang lumrah bila yang pertama-tama dilakukan
Rasulullah adalah mendakwahi orang2 yang dekat hubungannya dengan beliau
yaitu keluarga besar serta sahabat2 karib beliau, semua didakwahi
beliau untuk memeluk Islam. Rasulullah juga tak lupa mendakwahi orang
yang sudah saling mengenal dengan beliau dan memiliki sifat baik dan
berbuat baik, mereka yang beliau kenal sebagai orang2 yang mencintai
Allah al-Haq dan kebaikan atau mereka yang mengenal Rasulullah sebagai
sosok yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keshalihan. Hasilnya
banyak diantara mereka yang sedikitpun tidak ada keraguan terhadap
keagungan jiwa Rasulullah serta kebenaran berita yang dibawanya.
Mereka
ini dalam Sejarah Islam dikenal sebagai Ash-Sabiquun al-Awwallun (orang
yang paling dahulu dan pertama masuk Islam). Di barisan depan mereka
terdaftar Istri Rasulullah, Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid, Ali
bin Abi Thalib, Budak Rasulullah yang dimerdekakan Zaid bin Haritsah
bin Syarahil al-Kalbi, serta sahabat paling dekat Rasulullah yang paling
dekat yaitu Abu Bakr ash-Shiddiq. Mereka semua memeluk Islam pada
permulaan dakwah.
Kemudian
Abu Bakr bergiat melakukan dakwah Islam. Dia adalah sosok laki2 yang
lembut, disenangi, fleksibel dan berbudi baik. Para tokoh kaumnya selalu
mengunjunginya dan sudah tidak asing lagi dengan kepribadiannya karena
keintelektualan, kesuksesan dalam berbisnis dan pergaulannya yang luwes.
Beliau terus berdakwah kepada orang2 dari kaumnya yang dia percayai dan
selalu berinteraksi dan bermajelis dengannya. Berkat dakwah beliau maka
masuk Islamlah Ustman bin Affan al-Umawi, az-Zubair bin al-Awam
al-Asadi, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqqash az-Zuriyan dan
Thalhah bin Ubaidillah at-Timi. Kedelapan orang inilah yang terlebih
dahulu masuk Islam dan merupakan gelombang pertama dan palang pintu
Islam.
Diantara
orang2 pertama yang masuk Islam lainnya adalah Bilal bin Rabbah
al-Habasyi kemudian diikuti oleh Amin (Kepercayaan) umat ini Abu Ubaidah
'Amir bin al-Jarrah yang berasal dari Bani al-Harits bin Fihr, Abu
Salamah bin Abduk Asad, Al-Arqam bin Abil Arqam (keduanya berasal dari
suku Makhzum), Ustman bin Mazh'un (dan dari kedua saudaranya Qudamah dan
Abdullah), Ubaidah bin al-Harits bin al-Muththalib bin Abdu Maaf, Sa'id
bin Zaid al-Adawy dan istrinya Fathimah binti al-Khatthab al-Adawiyyah
saudara perempuan dari Umar bin al-Khatthab, Kabbab bin al-Arts,
Abdullah bin Mas'ud al-Hazaly serta banyak lagi selain mereka. Mereka
itulah yang dinamakan ash-Saabiqunn al-Awwaluun. Mereka terdiri dari
semua suku yang ada bahkan Ibnu Hisyam menjumlahkan lebih dari 40 orang.
Namun dalan penyebutan sebagian nama2 tersebut masih perlu diberikan
catatan.
Ibnu Ishaq berkata:
"......kemudian banyak orang yang masuk Islam secara berbondong-bondong baik laki2 maupun wanita sampai akhirnya tersiarlah gaung "Islam" diseantero Mekkah dan mulai banyaj menjadi bahan perbincangan orang.
Mereka semua masuk Islam secara sembunyi2. Maka cara sama pun dilakukan Rasulullah dalam pertemuannya beliau dengan pengarahan agama yang diberikan karena dakwah ketika itu masih bersikap individu dan sembunyi2. Wahyu turun secara berkesinambungan dan memuncak setelah turunnya permulaan surat al-Muddatstsir. Ayat2 dan penggalan2 surat yang turun pada masa ini merupakan ayat2 yang pendek, memiliki pemisah2 yang indah dan valid, menyejukkan dan memikat. Ayat2 tersebut membicarakan solusi memperbaiki penyucian diri (Tazkiyatun Nufuus), mencela pengotorannya dengan gemerlap dunia dan mensifati surga dan neraka seakan2 terlihat oleh mata kepala sendiri.
Ibnu Ishaq berkata:
"......kemudian banyak orang yang masuk Islam secara berbondong-bondong baik laki2 maupun wanita sampai akhirnya tersiarlah gaung "Islam" diseantero Mekkah dan mulai banyaj menjadi bahan perbincangan orang.
Mereka semua masuk Islam secara sembunyi2. Maka cara sama pun dilakukan Rasulullah dalam pertemuannya beliau dengan pengarahan agama yang diberikan karena dakwah ketika itu masih bersikap individu dan sembunyi2. Wahyu turun secara berkesinambungan dan memuncak setelah turunnya permulaan surat al-Muddatstsir. Ayat2 dan penggalan2 surat yang turun pada masa ini merupakan ayat2 yang pendek, memiliki pemisah2 yang indah dan valid, menyejukkan dan memikat. Ayat2 tersebut membicarakan solusi memperbaiki penyucian diri (Tazkiyatun Nufuus), mencela pengotorannya dengan gemerlap dunia dan mensifati surga dan neraka seakan2 terlihat oleh mata kepala sendiri.
Orang2
banyak berbicara tentang Rasulullah dan tentang ajaran2nya. Akan tetapi
penduduk Mekkah yang berhati-hati, yang masih tertutup hatinya pada
mulanya tidak menghiraukannya. Mereka menduga bahwa kata2nya tidaklah
lebih dari kata2 pendeta atau ahli pikir semacam Quss, Umayya,Waraqa dan
yang lain. Orang pasti akan kembali kepada kepercayaan nenek moyangnya
yang akhirnya menang adalah Hubal, Latta dan Uzza, begitu juga Isaf dan
Naila yang dibawa kurban. Mereka lupa bahwa Iman yang murni tidak dapat
dikalahkan dab bahwa kebenaran pasti akan mendapat kemenangan.
0 komentar:
Posting Komentar